tornado1.info

Simak Informasi Terpercaya Dari Kami

tornado1.info

Simak Informasi Terpercaya Dari Kami

Untuk mengetahui berbagai jenis lensa kontak, baca terus:

 

  • Lensa kontak dapat diklasifikasikan berdasarkan karakteristik materialnya – lensa hidrogel silikon lembut dan lensa kaku (terbuat dari plastik fleksibel).
  • Jenis lensa berbeda-beda berdasarkan jadwal pemakaiannya – Lensa pakai harian, bulanan, dan jangka kesempatan dengan penglihatan anda panjang.
  • Mereka dapat dikategorikan berdasarkan masa hidup mereka – sekali pakai harian, sekali pakai bulanan, dll.
  • Berdasarkan masalah visual mereka mengoreksi – Bulat, toric atau astigmatik, atau bifokal.

 

Dalam hal memahami jenis lensa apa yang digunakan pada lensa kontak, jawabannya memiliki cakupan yang sangat luas. Namun, yang dimaksud dengan ‘jenis’ umumnya cenderung kita maksudkan, bahan apa yang digunakan untuk membuat lensa kontak dan bagaimana lensa ini dapat dikategorikan menurut berbagai jenis bahan yang digunakan selama bertahun-tahun.

Di masa lalu, bahan kaku digunakan dalam kontak yang tidak mendukung permeabilitas oksigen yang cukup ke mata. Hal ini menyebabkan banyak pengerahan tenaga dan kelelahan pada mata dan tidak bisa dipakai selama berjam-jam. Namun, penelitian dalam ilmu mata memberi jalan pada temuan baru dan bahan canggih dikembangkan untuk membuat lensa kontak yang lebih lembut.

1. Kontak Lunak Kontak
lunak memiliki permeabilitas oksigen yang tinggi dibandingkan dengan pendahulunya. Itu bertumpu pada iris mata dengan ujung-ujungnya bertumpu pada sklera (bagian putih mata). Pengguna lensa kontak yakin dengan lensa kontak lunak karena memberikan kenyamanan lebih daripada lensa kontak kaku. Sekarang-a-hari, soft contact lens juga hadir sebagai lensa kontak berwarna yang dapat digunakan murni untuk keperluan kosmetik. Anda dapat mengubah warna iris mata Anda menjadi warna apa pun yang Anda suka dengan lensa kontak berwarna lembut.

Lensa kontak lunak dengan resep tersedia dalam variasi yang berbeda – lensa pakai harian, mingguan, dua kali seminggu, bulanan atau diperpanjang.

2. Rigid Gas Permeable (RGP)
Lensa kontak permeabel gas kaku diberi nama sesuai dengan jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya. Lensa RGP lebih kecil dari lensa lunak. Namun, karena kekakuannya, hampir tidak ada permeabilitas oksigen yang memungkinkan. Dengan demikian, pengguna membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan dengan jenis kontak ini. Lensa RGP terletak di atas pupil dan ujung-ujungnya terletak pada iris mata. Beberapa ahli optometri percaya bahwa, meskipun orang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan lensa RGP, lensa tersebut lebih sehat dan lebih tahan lama daripada lensa lunak.

3. Silikon hidrogel
Lensa kontak silikon hidrogel adalah hasil pencampuran silikon hidrofobik dengan PHEMA hidrofilik. Bahan ini memberikan tingkat kenyamanan yang lebih baik dan memiliki permeabilitas oksigen yang tinggi.

Lensa silikon hidrogel berbeda dari lensa hidrogel konvensional dalam hal permeabilitas oksigennya yang lebih tinggi. Namun, lensa kontak hidrogel memiliki kadar air yang tinggi (dengan hidrogel rendah memiliki kadar air 12-30% sedangkan kisaran hidrogel sedang memiliki 40-70% air; hidrogel tinggi memiliki kadar air 90-99,5% sedangkan hidrogel superabsorben memiliki kadar air lebih dari 99,5% !)

4. Kontak Intraokular
Lensa ini, terbuat dari bahan tidak fleksibel yang dikenal sebagai PMMA atau Polymethylmethacrylate dan ditanam di mata. Seiring waktu, para ilmuwan telah meneliti untuk membuat lensa intraokular ini lebih lembut dan sehat klinik mata bekasi untuk mata Anda. Saat ini, lensa intraokular terbuat dari bahan yang dapat dilipat lembut seperti silikon atau akrilik dan mudah ditanamkan di mata.

5. Kontak Akrilik Kontak
akrilik biasanya mahal meskipun tidak begitu populer di kalangan pengguna. Lensa kontak era baru ini mungkin memiliki desain tepi persegi yang canggih, desain tepi non-silau, atau penyaringan cahaya biru untuk sinar UV guna mengatasi masalah penglihatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *